Thursday, September 5, 2013

Batu Berharga

 Tahukah anda cara menghargai sebuah batu? nah banyak kita yang kurang memahami nilai dari sebuah batu, seperti batu-batu milia yang berasal dari Indonesia maupun dari Afrika dan negara lainnya. Sebuah batu dapat dihargai dari beberapa hal seperti:
  1. Tingkat kekerasan batu, biasanya di dunia gemstone tingkat kekerasan batu ini dinilai dengan skala mohs. Skala kekerasan dengan mohs ini terdiri dari 10 skala, dimana batu yang paling keras diberi skala 10 yakni Intan. semakin keras sebuah batu maka harganya juga akan semakin mahal.
  2. History, hal ini paling sulit untuk menilainya secara ilmiah. Karena sejarah sebuah batu memang terkadang bisa menyebabkan harga batu tersebut milliaran rupiah. Contohnya batu yang pernah dilemparkan seorang artis dan lain-lain.
  3. Mitos manfaat, banyak batu di dunia ini yang kekerasannya hanya di level 4 -6 namun dihargai sangat mahal. contohnya saja batu sabun, belakangan harga batu sabun bisa menyamai harga giok. Dan diisukan bahwa batu sabun ini memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan.
  4. keramat, hal ini yang paling tidak logis lagi dimana sebuah batu terkadang diisukan memiliki nilai spiritual tertentu dan mampu menarik pelanggan dan sebagainya. harga batu seperti ini bisa melebihi harga Intan, Kalimaya, Ovale, Quartz, citrine, Giok dan lain-lain yang merupakan batu mulia.
 Batu mulia seperti Intan, sapphire, Ovale, citrine dan lainnya memiliki kekerasan diatas 7. Jadi panduan dasar sebuah batu mulia adalah kekerasannya diatas 7 atau diatasnya skala Mohs. Batu lokal yang memiliki kekerasan seperti ini diantaranya:
  • intan kalimantan
  • Kecubung kalimantan
  • quartz ada di seluruh nusantara.
  • kalimaya
  • bacan
  • sugai dareh sumbar
  • dan lain-lain
Sedangkan harga dari batu mulia ditentukan oleh: Kekerasan, Kecerahan (transparansi), Kebersihan. Jika ketiga hal tersebut terdapat pada sebuah batu dengan baik maka harganya akan semakin mahal.Contohnya harga batu kalimaya walaupun batu ini memiliki banyak warna dalam satu batu sehingga sering disebut batu pancawarna namun tetap saja kualitas kebeningan manjadi acuan dari harga batu kalimaya. batu kalimaya black oval juga begitu dan hal yang sama berlaku untuk batu kalimaya putih bahkan batu ini akan semakin berharga bila semakin transparan.


No comments:

Post a Comment